PEMAKAIAN DESAIN GRAFIK PADA BIDANG GAME

Related image

GRAFIK KOMPUTER

merupakan bagian dari ilmu komputer yang mempelajari tentang pembuatan dan manipulasi gambar (visual) secara digital. Bentuk sederhana dari grafik komputer adalah grafik komputer 2D yang saat ini berkembang menjadi grafik komputer 3D, pemrosesan citra (image processing), dan pengenalan pola. Grafik komputer sering dikenal juga dengan istilah visualisasi data.

PENGOLAHAN CITRA

Pengolahan citra digital merupakan proses yang bertujuan untuk memanipulasi dan menganalisis citra dengan bantuan komputer. Pengolahan citra digital dapat dikelompokkan dalam dua jenis kegiatan :
1. Memperbaiki kualitas suatu gambar, sehingga dapat lebih mudah diinterpretasi oleh mata manusia.
2. Mengolah informasi yang terdapat pada suatu gambar untuk keperluan pengenalan objek secara otomatis.

Keterkaitan dan Implementasi

Grafik komputer, pengolahan citra dan teknologi game saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya. Aplikasi grafika komputer dapat dibagi menjadi beberapa kelompok, termasuk aplikasi pengolah Bentuk dan Citra serta game (permainan). Pengolahan citra merupakan perkembangan dari bentuk sederhana grafik komputer, dan juga pengolahan citra berfungsi untuk elemen pembentukan grafik.

Video Game

Video game adalah permainan yang melibatkan interaksi dengan user interface untuk menghasilkan umpan balik berupa visualisasi pada perangkat video. Aplikasi banyak beredar di pasaran mulai yang sederhana 2 dimensi, seperti tetris, hingga yang rumit, 3 dimensi, dan memerlukan resource banyak, seperti game sepakbola Winning Eleven. Dari yang yang standalone hingga online network, seperti Ragnarok. Dari PC, console, hingga mobile devices.

Related image

Game Development Company

Aktivitas yang berhubungan dengan desain grafis dalam bidang Game: merancang konsep, peraturan dan sistem game, karakter, setting lingkungan, sampai materi promosinya: poster film, iklan, spanduk dan lainnya.
Dalam bidang ini biasanya desainer grafis bekerjasama dengan produser, sutradara, penulis naskah, programmer, interface designer, animation designer, sound designer, dan lain-lain.

Teknologi Game

Video game adalah permainan yang melibatkan interaksi dengan user interface untuk menghasilkan umpan balik berupa visualisasi pada perangkat video. Saat ini seiring dengan berkembangnya teknologi, hampir tidak ada aplikasi permainan komputer yang tidak menggunakan modus grafik. Aplikasi game banyak beredar di pasaran, mulai dari yang sederhana yaitu 2 dimensi (tetris) hingga yang rumit yaitu 3 dimensi dan memerlukan resource banyak. Dari yang stand alone, online network, hingga mobile devices.Pembuatan suatu game tidak terlepas dari penggunaan grafika komputer. Misalnya jika kita ingin membuat animasi/menghidupkan model dalam cara yang ditentukan (seperti suatu script atau naskah) atau menurut satu kumpulan aturan. Sedangkan pengolahan citra pada game digunakan untuk memberi pewarnaan yang baik agar tidak merusak sensor mata pada manusia.

Teknologi Virtual Reality (VR)

Teknologi ini digunakan oleh peramu obat, arsitek, pekerja medis, bahkan gamer yang menyukai sensasi bermain game yang ‘nyata’. Bahkan saat ini sudah banyak bermunculan game yang dibuat khusus untuk virtual reality tersebut.
Beberapa kacamata virtual reality juga dapat terhubung dengan berbagai smartphone. Jadi, Anda hanya perlu mengunduh game yang mendukung virtual reality melalui smartphone, kemudian gunakan kacamata virtual reality tersebut saat memainkan. Anda akan merasakan pengalaman bermain game secara nyata hanya dengan bermodalkan smartphone dan kacamata virtual reality saja.

Related image

 

Sumber :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s